Thursday, June 20, 2013

IMAJINASI WAJAH PAHLAWAN INDONESIA

Tahukah kalian wajah pahlawan Indonesia sebenarnya?
Mungkin, yang kalian lihat selama ini hanyalah figure pahlawan melalui foto. 
Sebenarnya, wajah pahlawan yang sering kita lihat dalam lukisan foto, itu hanyalah rekayasa semata. Karena, tanpa adanya figure rekayasa pahlawan, Negara kita tidak akan melihat sosok pahlawan dan tidak termotivasi oleh perjuangannya. Lukisan para tokoh pahlawan Indonesia sengaja dibuat gagah karena dalam pemikiran kita sosok pahlawan memiliki tubuh gagah. 

Mengapa dibuat rekayasa?
Karena, pada saat zaman pahlawan belum ada alat pemotretan. Jadi, untuk mengenang jasa para pahlawan dibuat rekayasa berdasarkan sudut pandang dan ciri khas nya. Contohnya, lihatlah gambar sosok pahlawan Diponogero 


Pangeran Diponegoro memiliki ciri khas sebagai seorang muslim yang taat agama. Dari situ, kita dapat melihat bahwa seorang pelukis melukis menurut sudut pandangnya dan ciri khasnya, dengan cara  menggambar sorban diatas kepala Pangeran Diponegoro. Bayangkan, jika tidak ada gambaran sosok pahlawan? pasti, generasi kita tidak akan mengenal sejarah Indonesia .

Dengan adanya rekayasa tersebut jangan merasa tertipu karena itu semua dilakukan demi membuat generasi kedepan dapat mengetahui dan menghargai sejarah pengorbanan pahlawan.

No comments:

Post a Comment